Pertanyaan dan Jawaban seputar Produk i-gist


PERTANYAAN PERTAMA


Bagaimana jika produk ini booming tetapi lahannya habis ?




Sama halnya jika sebuah pabrik kehabisan bahan baku maka I-GIST pun ketikan lahan habis produk ini sudah tidak dapat di jual lagi dan itulah sebabnya sekarang adalah saat    yang tepat untuk bergabung karena lahan masih tersedia. Indonesia memiliki jutaan hektar lahan yang dapat diolah,belum termasuk lahan hutan yang sudah rusak karena diekploitasi. dengan demikian, jika lahan yang dijual habis mungkin Anda sudah menjadi Green Miliader dan orang yang paling terakhir bergabung pun tidak rugi karena memiliki pohon yang bisa dipanen.

PERTANYAAN KE DUA


Bagaimana jika satu lahan/cluster yang sama oleh I-GIST dijual ke beberapa orang (double sertifikat,seperti kasus-kasus yang perna terjadi pada bisnis investasi bodong)?



Semua pemilik pohon bisa mengecek dengan cara login di website I-GIST dengan alamat www.i-gist.com dan bisa melihat seluruh cluster/lahan I-GIST dengan masing-masing nama pemiliknya dari sejak awal sampai dengan pencetakan sertifikat terakhir dan pemilik per clusternya tetap satu dan tidak pernah beruba.


PERTANYAAN KE TIGA


Apakah I-GIST sudah terdaftar di departemen keuangan sebagai pengelola dana masyarakat ?


I-GIST buakan lembaga pengelola investasi melainkan sebagai penyedia bibit jabon. Sama halnya dengan developer perumahan, nasabah berinvestasi di rumah dan tanah yang dia beli sedangkan developer bertugas membangun dan menyelesaikan legalitas rumah dan tanah tersebut. Begitu pun I-GIST, nasaba berinvestasi pada pohon yang dia tanam di lahan yang sudah dikontrak kerja sama selama 10 tahun sedangkan I-GIST adalah penyedia bibit dengan fasilitas :
- Pencarian lahan yang sesuai
- Pengurus legalitas
- Penanaman dan pemeliharaan sampai dengan 10 tahun
- Garansi dan manajemen risiko untuk setiap pohon
- Laporan perkembangan pohon
- Pendampingan tenaga ahli.
Ibaratnya jika Anda membeli mobil atau peralatan elektronik biasanya penjual mem-berikan beberapa fasilitas seperti gratis penggantian oli,gratis Service, garansi mesin, dan sebagainya. I-GIST juga.


PERTANYAAN KE EMPAT


Bagaimana jika suatu saat PT. GMN ( I-GIST) mengalamai pailit/bangkrut ?



Kepailitan biasanya terjadi jika sebuah usaha tidak mendapatkan penjualan yang baik atau produk yang dijual tidak menguntungkan untuk usaha tersebut. Dalam hal ini, risiko tersebut dapat terjadi pada usaha apapun. Akan tetapi , jika Anda sudah memiliki kontrak dengan pemilik lahan langsung dan pohon Anda sudah ditanam maka jika I-GIST pailit, Anda tetap berhak atas lahan sampai dengan 10 tahun beserta pohon yang tertanam di lahan tersebut. Sama halnya,jika Anda membeli rumah di sebuah perumahan, meskipun developer bangkrut rumahnya tetap menjadi milik ANDA.

PERTANYAAAN  KE LIMA






Bagaimana kemungkinan jika PT GMN (I-GIST ) melarikan diri?



PT. GMN tidak mengelola dan menyimpan dana pemilik pohon melainkan menjual bibit dan menanamnya sehingga mayoritas aset PT.GMN tidak berbentuk uang seperti halnya lembaga-lembaga investasi/keuangan. Dengan demikian tidak memungkinkan PT GMN untuk melarikan diri membawa bibit/pohon yang masih baru ditanam.

PERTANYAAN KE ENAM



Apakah sanggup PT GMN memilihara pohon jabon hingga 10 tahun ?




Pohon jabon memliki karakteristis tanaman hutan yang kita ketahui bersama bahwa hutan selama ini tidak ada yang merawat tetapi masih bisa tumbuh pesat. Pohon Jabon memiliki masa kritis pada tahun pertama setelah penanaman. Setelah pohon jabon sudah menjadi kayu maka kemungkinan mati sangat kecil dan perawatannya sangat mudah. apalagi sudah mencapai usia 3 tahun ke atas biasanya dibiarkan saja sudah bisa hidup. Untuk panen ke-2 tidak memerlukan perawatan seperti waktu penanaman pertama karena akarnya sudah besar dan kuat. ketrika pohon ditebang pada panen pertama, secara alami akar pohon jabon dapat menumbuhkan tunads kembali yang disupport oleh akar yang sudah besar dan kuat seingga tidak memerlukan biaya perawatan lagi.

PERTANYAAN KE TUJUH



Bagaimana I-GIST dapat meng-handle risiko-risiko yang menjadi garansi di sertifikat ?



Jika terjadi risiko pada pohon mitra penanaman, I-GIST akan ganti dengan pohon cadangan yang di miliki. Ibarat Bank keamanan bank tersebut, ditentukan oleh CAR(....) artinya jika seluruh nasabah menarik dananya dari bank tersebut, bank tersebut masih memiliki cadangan modal untuk bisa beroprasi. Sama halnya dengan asuransi, keamanan perusahan asuransi ditentukan oleh RBC (Risk Base capital ) sehingga jika seluruh nasabah melakukan claim,perusahan asuransi masih memiliki sisa modal untuk beroprasi. Keamanan I-GIST memperbanyak pohon cadangan dengan 2 cara, yaitu :
1. Dengan menanam sendiri pohon cadangan bersamaan dengan pohon mitra penanam.
2. Mengakuisisi pohon jabon yang sudah ditanam oleh petani, biasanya sudah berusia 2-3 tahun ( sudah kuat dan survive).

PERTANYAAN KE DELAPAN



Bagaimana penjualan hasil panen pohon ?




Saat ini kebutuhan kayu nasional baru tercukupi ± 50 % bahkan untuk mencukupi kebutuhan satu pabrik skala besar, paling tidak dibutuhkan 70.000 hektar pohon jabon. Padahal dalam 2 tahuan pemasaran produk I-GIST, menghasilkan haya ± 200-300 hektar saja. I-GIST memiliki puluhan mitra industri baik skala kecil maupun skala besar sehingga diprediksi penjualan kayu jabon tidak mengalami kendala dan prospeknya masih besar.


PERTANYAAN KE SEMBILAN





Bagaimana jika harga kayu jatuh / turun ?




Harga kayu ditentukan oleh pasar, I-GIST tidak dapat memberikan jaminan harga. Akan tetapi, sepanjang sejarah harga kayu tidak pernah turun karena untuk mendapatkan 1 kubik kayu dibutuhkan 5-6 tahun sedangkan mengolah 1 kubik kayu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Perbedaan inilah yang menyebabkan permintaan dan supply kayu tidak perna seimbang sehingga akibatnya harga kayu tidak pernah turun bahkan cenderung naik. Apalagi saat ini kebijakan lingkungan semangkin melindungi hutan alam sehingga supply kayu semangkin sulit.

PERTANYAAN KE SEPULUH





Mengapa harga bibit di I-gist sepertinya lebih mahal dibandingkan harga bibit jika membeli di petani ?




Harga bibit di I-GIST sangat wajar jika menghitung fasilitas-fasilitas yang didapatkan. Jika membeli bibit sendiri, risiko penanaman semua menjadi tanggung jawab pembeli dan tidak mendapatkan arahan dan pendampingan tenaga ahli. Harga di I-GIST sudah diperhitungkan untuk meng-cover berbagai risiko utama dalam penanaman dan pemeliharaan pohon.




Komentar